Tangki Septik Fiberglass dan Tahapan Cara Pemasangan

Salah satu ruangan di rumah yang sangat penting untuk ada dan bagi para penghuni rumah adalah kamar mandi. Hal itu karena ruangan yang satu ini menjadi tempat dimana Anda dan penghuni rumah yang lain melakukan aktivitas seperti MCK (Mandi, Cuci, Kakus). Maka dari itu, keberadaan dari kamar mandi menjadi salah satu kriteria sebuah rumah yang ideal untuk ditempati. Untuk mendukung fungsinya, kamar mandi haruslah dilengkapi dengan kloset yang terhubung dengan tangki septik fiberglass lewat saluran pipa.

Sekarang ini sudah banyak tersedia model tangki septik fiberglass yang baru. Dimana septic tank fiberglass model baru tersebut menggunakan cara bioteknologi atau yang juga disebut sebagai bio septic tank. Sehingga lebih ramah terhadap lingkungan. Tangki septik fiberglass saat ini banyak dipilih untuk digunakan selain karena alasan ramah lingkungan, namun juga karena kemudahan cara pasang. Tangki septik tersebut dapat dipasang di banyak tempat, tidak hanya rumah namun ruko, perkantoran, apartemen, rumah sakit dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana cara pasang septic tank tersebut? Berikut pembahasan kami Bioone Fibreglass.

Pemasangan Bio Septic Tank Bioone Fibreglass

Cara Pasang Tanki Septik Fiberglass

Untuk pemasangan atau instalasi, tangki septik fiberglass ini mempunyai beberapa urutan.
Berikut adalah urutan singkat instalasi atau pemasangan tersebut:

  • Anda harus menentukan sebuah lokasi penggalian yang nantinya menjadi tempat untuk bio septic tank fiberglass. Jika ada parit pembuangan kotoran di dekat rumah, maka sebaiknya Anda membuat lokasi penggalian di sana.
  • Gali tanah dengan ukuran 50 cm lebih besar dibandingkan ukuran tangki septik fiberglass. Ini bertujuan untuk memudahkan dalam memasukkan tangki nantinya. Galian juga disesuaikan dengan saluran pipa kloset. Dalam pemasangan kloset dan tangki, posisi kloset harus lebih tinggi dibandingkan tangki septik sehingga kotoran dapat mengalir dengan lancar. Ingat, dasar galian harus padat dan rata, lalu apabila ada airnya, sebaiknya buang dulu sebelum Anda melakukan pemasangan fondasi.
  • Pasanglah fondasi di dasar galian untuk menjadi penopang tangki tersebut. Pastikan jika Anda membuat fondasi yang kuat. Jika fondasi yang dibuat sudah jadi dan kering, Anda bisa memasukkan tangki septik fiberglass ke galian. Setelah itu, aturlah posisi dari pipa inlet untuk mengarah pada parit yang menjadi saluran pembuangan air yang kotor.
  • Sebelum tanah diisikan pada sekitar dinding tangki, Anda sebaiknya mengisi dulu tangki septik fibereglass dengan air sampai separuh. Setelah itu, timbun samping-samping tangki dengan tanah dan padatkan. Lalu isi lagi tangki sampai penuh, dan jika sudah Anda bisa menimbun tangki sampai tutup tangki. Ingat, pipa inlet dan outlet haruslah sudah disambungkan pada pipa yang sesuai bagian.
  • Ceklah setiap sambungan untuk menghindari ada yang bocor. Tutuplah tangki dengan tutupnya, lalu putar kencang sampai tidak bocor. Jika Anda ingin pada bagian atas tangki diberi beban yang berat, corlah bagian tersebut dengan beton bertulang setebal 10 cm. Lakukanlah tes dengan cara simpan air dari WC atau kloset, lalu tangki septik fiberglass sudah siap untuk digunakan.

Keunggulan Tangki Septik Fiberglass

  1. Daya tahan
    Tangki septik fiberglass dikenal karena daya tahan dan umur panjangnya. Mereka tahan terhadap korosi, karat, dan retak, menjadikannya pilihan yang andal untuk penggunaan jangka panjang. Mereka bisa bertahan hingga 50 tahun atau lebih dengan perawatan yang tepat.
  2. Ringan
    Dibandingkan dengan bahan septic tank lain seperti beton atau baja, septic tank fiberglass lebih ringan dan mudah dipasang. Mereka dapat diangkut dan dipasang dengan peralatan dan tenaga kerja minimal, menjadikannya pilihan yang hemat biaya.
  3. Kedap air
    Tangki septik fiberglass dirancang kedap air, mencegah kebocoran atau rembesan limbah ke tanah di sekitarnya. Ini membantu melindungi lingkungan dan mencegah kontaminasi air tanah.
  4. Mudah dibersihkan
    Tangki septik fiberglass halus di bagian dalam, membuatnya mudah dibersihkan dan dirawat. Mereka tidak memerlukan pemompaan yang sering seperti septic tank lainnya, dan dapat dibersihkan dengan selang sederhana atau mesin cuci tekanan.
  5. Tahan terhadap perubahan suhu
    Tangki septik fiberglass tahan terhadap perubahan suhu ekstrem, membuatnya cocok untuk digunakan di iklim apa pun. Mereka dapat menahan suhu beku tanpa retak atau pecah, dan juga dapat menahan suhu tinggi tanpa melengkung atau meleleh.
  6. Dapat disesuaikan
    Tangki septik fiberglass dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan khusus. Mereka datang dalam berbagai ukuran dan bentuk, dan dapat dirancang agar sesuai dengan ruang atau lokasi apa pun.
  7. Hemat biaya
    Tangki septik fiberglass adalah pilihan yang hemat biaya dibandingkan dengan bahan lain seperti beton atau baja. Mereka membutuhkan lebih sedikit perawatan dan lebih tahan lama, menjadikannya investasi jangka panjang yang dapat menghemat uang dalam jangka panjang.

Nah, itulah cara memasang tangki septik fiberglass. Tidak terlalu sulit bukan? Namun, jika Anda tidak yakin bisa memasang sendiri, ada baiknya Anda menggunakan jasa pemasangan yang sudah ahli. Semoga bermanfaat!

× Chat Sekarang!